fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar

institut Pertanian Bogor

institut Pertanian Bogor


PROGRAM STUDI ILMU AKTUARIA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Institut Pertanian Bogor bekerja sama dengan Pemerintah Kanada (diwakili oleh University of Waterloo) dalam Project Risk Management, Economic Sustainability, and Actuarial Science Development in Indonesia (READI) berkomitmen memajukan ilmu aktuaria di Indonesia melalui pengembangan kurikulum, beasiswa, dan penelitian. Projek ini diharapkan dapat menghasilkan lebih banyak sarjana aktuaria untuk memenuhi kebutuhan industri keuangan di Indonesia yang semakin berkembang.

Dalam kerangka kerja sama ini Departemen Matematika FMIPA IPB mengambil langkah strategis dalam upaya menyediakan sumber daya unggul yang siap menjadi aktuaris dengan membuka Program Studi S-1 Aktuaria. Dengan inisiatif ini ketersediaan calon aktuaris dalam jumlah dan mutu memadai diharapkan menjadi lebih terjamin.

Dibuka pada 2016, Program Studi S-1 Aktuaria IPB merupakan program sarjana bidang ilmu aktuaria pertama di Indonesia. Program ini berada di bawah ampuan Departemen Matematika FMIPA. Visinya adalah menjadi program studi unggul dalam bidang aktuaria yang reputasinya diakui secara nasional dan internasional. Sedangkan misinya adalah untuk mengembangkan sistem unggul dalam pendidikan, penelitian, dan penerapan aktuaria untuk mempersiapkan mahasiswa melanjutkan studi profesional dan meniti karir sebagai aktuaris.

Dengan sistem kurikulum mayor-minor yang diterapkan IPB, mahasiswa dimungkinkan memiliki kompetensi tambahan yang mendukung keprofesian aktuaris, seperti statistika terapan, sistem informasi, ekonomi dan studi pembangunan, komunikasi, serta manajemen fungsional.

Matakuliah yang diambil oleh setiap mahasiswa program studi aktuaria berjumlah total 146 SKS yang dirancang untuk dapat diselesaikan oleh para mahasiswa dalam kurun waktu 4 tahun. Kurikulum tersusun atas sekumpulan mata kuliah kompetensi umum (24%), interdepartemen (8%), mayor aktuaria (58%), dan minor/pilihan (10%). Kurikulum mayor aktuaria didesain merujuk pada kurikulum yang ditetapkan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia dan Department of Statistics and Actuarial Science, University of Waterloo, Kanada.

Sejak 2007 Departemen Matematika IPB dan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) memiliki nota kesepahaman (MoU) tentang penyetaraan mata ujian. Kerja sama ini memungkinkan mahasiswa Program Studi S-1 Aktuaria IPB menyetarakan beberapa mata kuliah yang diambil selama kuliah di IPB sampai dengan empat mata ujian profesi PAI. Beberapa mata ujian lain dapat diambil selama menjadi mahasiswa atau setelah lulus melalui Ujian Profesi PAI yang diselenggarakan tiga kali setahun.

Beberapa mata kuliah yang disetarakan adalah: Matematika Keuangan, Matematika Pasar Modal, Pengantar Teori Peluang, Statistika Matematik atau Teori Statistika I dan II, Teori Mikroekonomi I, Teori Makroekonomi I Analisis Regresi, Pengantar Analisis Data Kategorik Metode, dan Peramalan Deret Waktu.

Program Studi S-1 Aktuaria IPB mempunyai daya tamping 60 orang. Penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Ujian Talenta Mandiri IPB (UTMI), Beasiswa Utusan Daerah (BUD), dan Prestasi Internasional Nasional (PIN).





Address:

Jl. Raya Darmaga Kampus IPB Darmaga Bogor, Jawa Barat 16680.

Phone:

(0251) 8624067

Website:

www.ipb.ac.id